Home > Arsitektur Komp. > 8.2. konfigurasi mikro komputer dasar

8.2. konfigurasi mikro komputer dasar


PENDAHULUAN
1.Definisi KomputerMenurut buku Computer Annual (Robbert H. Blissmer)Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :menerima inputmemproses input tadi sesuai dengan programnyapenyimpan perintah dan dari hasil pengolahannyamenyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut buku Computer Today (Donald H. Sanders):Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input. Memprosesnya, dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).Menurut buku komputer organization (V.C Hamacher Z.G. Vranesic S.G. Zaky).Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya (stored program) dan menghasilkan output informasi.Menurut buku introduction To The Computer, The Tool Of Business (William M. Fuori).Komputer adalah suatu alat pemproses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmetika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemprosesan (definisi ini diambilkan dari American National Standar Institute dan sudah didiskusikan serta sudah disetujui dalam suatu pertemuan Internasional Organization For Standardization Tehnical Commite).Menurut buku Introduction to Computers (gordon B. Davis) :Komputer adalah tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.Dari beberapa definisi yang tersebut, dapat disimpulkan bahwa komputer adalah :1.Alat elektronik2.Dapat menerima input data3.Dapat mengolah data4.Dapat memberikan informasi5.Menggunakan suatu program di memori komputer (stored program).6.Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan7.Bekerja secara otomatis
Sedang yang disebut program adalah kumpulan dari instruksi atau perintah terperinci yang sudah dipersiapkan supaya komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah tertentu.
2. Generasi KomputerKomputer Generasi Pertama (1946-1959)Yang termasuk komputer generasi ini adalah komputer yang menggunakan konsep stored-program (operasi komputer dikontrol oleh program yang tersimpan di memori komputer, sedang komputer elektronik sebelumnya program tidak dapat disimpan di memory komputer, hanya tiap-tiap instruksi di bacakan ke komputer, sedang program adalah kumpulan dari instruksi). Stored-program merupakan suatu konsep yang cukup dramatis. Dengan stored-program tidak perlu merubah isi komponen dalam komputer untuk masing-masing aplikasi baru yang berbeda.Komputer generasi pertama mempunyai ciri-ciri sebagaiberikut ini :1.Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara (Vocuum tube) untuk sirkuitnya.2.Programnya hanya dapat dibuat dengan bahasa mesin (machine language).3.Menggunakan konsep stored program dengan memory utamanya adalah magnetic core storage.4.Menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk.5.Ukuran fisik computer besar, memerlukan ruangan yang luas.6.Cepat panas,sehingga memerlukan pendingin.7.Prosesnya lambat.8.Simpanannya kecil.9.Membutuhkan daya listrik yang besar.10.Orientasinya terutama pada aplikasi bisnis.
Komputer generasi kedua (1959-1964)komputer generasi kedua mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:1.Komponen yang dipergunakan adalah transistor untuk sirkuitnya, dikembangkan di Bell Laboratories oleh John Bardeen Eilliam Shockley dan Walter Barattain pada tahun 1947.2.program dapat dibuat dengan bahasa tingkat tinggi (high level. language) seperti misalnya FORTRAN, COBOL, ALGOL (the algorithmic language).3.kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan dari magnetic core storage dapat menyimpan puluhan ribu karakter.4.menggunakan simpanan luar magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk atau disk pack.5.mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing. Real-time dapat dilakukan karena menggunakan simpanan luar yang sifatnya direct decess, seperti misalnya magnetic disk.6.ukuran fisik komputer lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama.7.proses oprasi sudah cepat, dapat memproses jutaan oprasi per-detik.8.membutuhkan lebih sedikit daya listrik.9.orientasinya tidak hanya pada aplikasi bisnis tetapi juga pada aplikasi bisnis.
Komputer generasi ketiga (1964-1970)komputer generasi ketiga mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:1.Komponen yang digunakan adalah IC (Integrated Circuits), yang berbentuk hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits. Hybrid integrated circuit atau solid logic tehnology (SLT) adalah transistor dan dioda yang diletakan secara terpisah dalam satu tempat.2.peningkatan dari soft warenya.3.lebih cepat dan lebih tepat. Kecepatan hampir 10000 kali dari komputer generasi pertama. Ukuran kecepatannya adalah microseconds (jutaan operasi perdetik). Bahkan sampai nanosecond (milyard oprasi perdetik).4.kapasitas memori komputer lebih besar, dapat menyimpan ratusan ribu karakter.5.menggunakan penyimpan luar sifatnya random acces (dapat memasup record data secara random), yaitu disk magnetik yang kapasitas besar (jutaan kharakter).6.penggunaan listrik lebih hemat dibandingkan komputer generasi sebelumnya.7.memungkinkan untuk melakukan multiprocessing, yaitu dapat memproses sejumlah data dari sumber-sumber yang berbeda pada waktu yang bersamaan dan multiprogramming, yaitu dapat mengerjakan beberapa program sekaligus.8.pengembangan dari alat input-output yang menggunakan visual display terminal yang bisa menampilkan gambar-gambar dan grafik dapat menerima dan mengeluarkan suara serta penggunaan alat pembaca tinta mengetik yaitu MICR (magnetic lnk characters recognition) reader.9.harga semakin murah dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya.10.kemampuan melakukan komunikasi data dari suatu komputer dengan komputer lainnya misalnya lewat alat komunikasi telepon.
Komputer Generasi ke Empat (sejak tahun 1970).Ada dua perkembangan yang kemudian dianggap sebagai komputer generasi ke empat.Yang pertama adalah penggunaan Large Scale Integration (LSI) atau disebut juga dengan nama Bipolar Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-beribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian-rangakaian terpadu (integrated circuits). LSI. Kemudian dikembangkan menjadi VLSI (Very Large Scale Integration).Yang kedua adalah dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semicoductor yangberbentuk chip untuk memori komputer (internal memory), sedang komputer generasi sebelumnya masih menggunakan magnetic core storage.
3. Jenis-Jenis KomputerBerdasarkan Data yang Diolah1.Analog ComputerKomputer analog digunakan untuk data yang sifatnya kontinyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk phisik, seperti misalnya arus listrik, temperatur, kecepatan, tekanan dan lain sebagainya. Output dari komputer analog umumnya adalah untuk pengaturan atau pengontrolan suatu mesin.
2.Digital KomputerData komputer analog diterima dalam bentuk kontinyu, sedang data yang diterima oleh komputer dalam bentuk angka atau huruf. Komputer digital biasanya digunakan pada aplikasi bisnis dan aplikasi bisnis.Keunggulan komputer digital adalah sebagai berikut :1.Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan komputer analog.2.Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan oleh proses.3.Dapat melakukan operasi logika, yaitu membandingkan dua nilai dan menentukan hasilnya, yaitu membandingkan dua elemen nilai yang satu lebih kecil, atau sama dengan, atau lebih kecil sama dengan, atau lebih besar, atau lebih besar sama dengan, atau tidak sama dengan elemen nilai yang kedua.4.Data yangtelah dimasukkan dapat dikoreksi atau dihapus.5.Output dari komputer digital dapat berupa angka, huruf, grafik, maupun gambar.
3.Hybrid ComputerDi dalam aplikasi yang khusus, dibutuhkan suatu komputer yang mampu menyelesaikan permasalahan lebih cepat dari komputer digital dan lebih tepat dari komputer analog. Komputer ini merupakan kombinasi dari komputer analog dan komputer digital dan disebut dengan hybrid computer (komputer hibrid).
Berasarkan Penggunaannya1.Special-Pupose ComputerKomputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, yang biasanya hanya berupa satu masalah saja. Komputer ini dapat berupa komputer digital maupun komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special-purpose computer.Special-purpose computer banyak dikembangkan untuk pengontolan yang otomatis pada proses-proses industri, seperti misalnya pabrik kimia, penyulingan minyak, pabrik baja serta untuk tujuan militer untuk memecahkan masalah navigasi dikapal selam dan kapal terbang.
2.General –Purpose ComputerKomputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam-macam masalah dapat mempergunakan program yang bermacam-macam untuk menyelesaikan jenis persamalahan yang berbeda-beda. General –Purpose Computer dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang berbeda, seperti misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain sebagainya.
Berdasarkan UkurannyaBerdasarkan ukurannya, komputer digolongkan ke dalam micro computer (komputer mikro), mini computer (komputer mini), small computer (komputer kecil), medium computer (komputer menengah), large computer (komputer besar) dan super computer (komputer super).1.Micro ComputerMicro Computer (Mikro Komputer) disebut juga dengan nama personal computer (komputer personal) . ukuran main memory komputer mikro sekarang berkisar dari 16 MB sampai lebih dari 128 MB, dengan konfigurasi operand register 8 bit, 16 bit, atau 32 bit. Kecepatan komputer mikro sekarang berkisar 200 Mhz sampai dengan 500 Mhz.Komputer mikro umumnya adalah single-user (pemakainya tunggal), yaitu satu komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja untuk tiap saat.
2.Mini KomputerKomputer mini dapat bersifat multi-user (pemakainya banyak) yaitu sebuah komputer mini dapat mempunyai beberapa terminal yang dapat digunakan bersama-sama oleh banyak pemakai.
3.Small computerSmall Computer disebut juga dengan nama small-scale mainframe computer. Small Computer sekarang kebanyakan menggunakan sistem multi-programing, multiprocessing dan virtual storage, serta multi-user dengan jumlah terminal sampai dengan ratusan buah.
4.Medium ComputerMedium Computer disebut juga dengannama medium0-scale mainframe computer. Medium computer dapat juga mempunyai sejumlah besar dan bermacam-macam alat input atau output. Biasanya medium computer digunakan untuk komunikasi data, dengan ratusan terminal yangterpisah dari pusat komputernya. Pusat komputer biasanya menggunakan medium computer dan terminal-terminal dapat menggunakan micro computer atau mini computer untuk penerapan konsep distribusi data processing (DDP), yaitu terminalo selain dapat berhubungan dengan komputer pusat, tetapi juga berdiri sendiri.
5.Large ComputerLarge Computer disebut juga dengan nama mainframe computer atau large-scale mainframe computer karena bentuk fisiknya besar seperti lemari komputer mainframe mempunyai kecepatan sampai 400 MIPS. Komputer jenis ini digunakan pada perusahaan-perusahaan yang besar, seperti misalnya perusahaan penerbangan yang mempunyai ratusan kantor cabang tersebut di seluruh dunia yang tiap-tiap kantor cabang mempunyai terminal dihubungkan dengan pusat komputernya.
6.Super ComputerSuper komputer disebut juga dengan nama parallel processor, karena super komputer adalah komputer mainframe yang mempunyai banyakprocessor yang dipasang secara paralel. Contohnya adalah super komputer yang digunakan di perusahaan telephon PTT di belanda yang menggunakan sebanyak 48 processor yang paralel.
Copas from http://acethefirefist.blogspot.com/search/label/http%3A%2F%2Fone.indoskripsi.com%2Fjudul-skripsi-makalah-tentang%2Faplikasi-komputer-dasar

Categories: Arsitektur Komp.
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: